Thursday, January 22, 2015

Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyrakat

Konflik Antar Pendukung Klub Sepak Bola


Pendahuluan
Kesebelasan tim sepak bola memang tidak dapat dipisahkan dengan pendukung-pendukungnya. Setiap klub sepakbola bertanding tentunya ada pendukung yang menyemangati klub sepakbola yang dudukungnya dengan music dan sorakan yel-yel yang khas dari pendukungnya. Hal tersebut terjadi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Permasalahan
Pada saat pertandingan sepakbola berlangsung, pendukung kesebelasan klub sepakbola meneriakkan yel-yelnya untuk mendukung tim kesayangannya. Akan tetapi banyak pendukung klub sepakbola tidak bisa menahan emosi saat bertemu pendukung klub sepakbola yang lain apalagi jika klub sepakbola yang didukung oleh salah satu pendukung kalah. Konflik antar pendukung sepakbola biasanya terjadi setelah pertandingan berakhir. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Pembahasan
            Konflik adalah adanya pertentangan yang timbul di dalam seseorang maupun dengan orang lain yang ada di sekitarnya. Konflik pada masyarakat dapat terjadi akibat adanya hal-hal sebagai berikut :
1.      Perbedaan individu, yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan
2.      Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda
3.      Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok
4.      Kesalahpahaman
5.      Perasaan sensitif dari individu atau kelompok

Konflik sosial yang terjadi di masyarakat tentr memiliki dampak. Dampak yang
diakibatkan oleh terjadinya konflik yaitu :
1.      Retaknya persatuan kelompok. Hal ini terjadi apabila terjadi pertentangan antaranggota dalam satu kelompok.
2.      Perubahan kepribadian individu. Pertentangan di dalam kelompok atau antarkelompok dapat menyebabkan individu-individu tertentu merasa tertekan sehingga mentalnya tersiksa.
3.      Dominasi dan takluknya salah satu pihak. Hal ini terjadi jika kekuatan pihak-pihak yang bertikai tidak seimbang, akan terjadi dominasi oleh satu pihak terhadap pihak lainnya. Pihak yang kalah menjadi takluk secara terpaksa, bahkan terkadang menimbulkan kekuasaan yang otoriter (dalam politik) atau monopoli (dalam ekonomi).
4.      Banyaknya kerugian, baik harta benda maupun jiwa, akibat kekerasan yang ditonjolkan dalam penyelesaian suatu konflik

Dalam dunia olahraga konflik juga bisa terjadi. Contoh konflik yang ada pada dunia
olahraga adalah konflik antarpendukung klub sepakbola. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai hal seperti
1.      Sikap saling ejek dari pendukung klub sepakbola yang lain
2.      Ketidakadilan wasit saat pertandingan berlangsung
3.      Sikap tidak mau menerima kekalahan
Upaya yang dilakukan untuk mengatasi konflik antarpendukung sepakbola diantaranya
adalah :
1.      Tidak terpengaruh oleh ejekan pendukung lain
2.      Menerima keputusan yang ada pada akhir pertandingan
3.      Menerima kekalahan dengan lapang dada

Kesimpulan
Konflik dalam masyarakat membawa dampak buruk yang besar mulai dari retaknya persatuan baik antar suatu kelompok maupun antarmasyarakat hingga timbulnya kerugian baik harta maupun nyawa. Dalam dunia olahraga, contoh konflik yang dapat terjadi berupa konflik pendukung sepakbola. Konflik ini terjadi karena berbagai hal seperti keputusan wasit, ejekan, dan hasil akhir pertandingan. Jika kita menjadi pendukung sepakbola maka kita jangan sampai terpengaruh oleh ejekan pendukung yang lain. Kita hendaknya juga menerima keputusan wasit yang memimpin pertandingan. Jika tim yang kita dukung kalah maka terimalah kekalahan tersebut dengan lapang dada


Sumber :


No comments:

Post a Comment