Monday, January 19, 2015

IPTEK dan Kemiskinan

Hilangnya Permainan Tradisional Akibat
Game Online


Pendahuluan
Pada era globalisasi yang terjadi pada saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satu contoh dari perkembangan teknologi yang ada pada saat ini adalah game online. Game online banyak diminati dari berbagai usia mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Game online dapat dijadikan media untuk refreshing. Hingga saat ini banyak game online yang beredar dengan fitur-fitur terbaru. Game online yang beredar dapat menyebabkan seseorang menjadi kecanduan. Hal tersebut berdampak buruk apalagi jika peminat game online berasal dari usia anak-anak. Game online memberikan dampak buruk pada tingkah laku anak-anak yang memainkannya. Selain itu kehadiran game online perlahan menyebabkan hilangnya budaya permainan tradisional yang biasa dimainkan oleh anak-anak.

Permasalahan
            Bagaimana kabar dari permainan tradisional di era globalisasi yang terjadi pada saat ini? Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang muncul di benak kita karena permainan tersebut sudah jarang dimainkan oleh anak-anak saat ini. Permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak kini hampir tidak terdengar kabarnya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Salah satu faktor yang menjadi penyebabnya adalah game online yang merupakan produk hasil dari perkembangan IPTEK. Kemunculan game online pada era globalisasi ini telah membuat anak-anak menjadi kecanduan untuk memainkannya sehingga anak-anak di era globalisasi ini mulai meninggalkan permainan tradisional dan memainkan permainan modern yang salah satunya adalah game online.


Pembahasan       
            Game online adalah permainan yang ada pada komputer yang memanfaatkan jaringan komputer untuk memainkannya. Jaringan yang biasanya digunakan berupa jaringan internet dan yang sejenisnya serta menggunakan teknologi yang ada pada saat ini seperti modem dan koneksi kabel. Permainan ini biasanya disediakan sebagai dari perusahaan penyedia jasa online yang dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut. Sebuah game online bisa dimainkan secara bersamaan dengan menggunakan komputer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan tertentu.

Dampak yang ditimbulkan dari game online bagi anak-anak :
1.      Mengganggu Kesehatan Anak
Anak-anak yang sudah kecanduan game online akan memaksakan dirinya untuk berada di depan layar monitor hingga berjam-jam. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada mata anak. Selain itu bermain game online hingga berjam-jam dapat mengganggu pola makan anak sehingga anak rentan terserang penyakit

2.      Mendorong Anak untuk berperilaku negatif
Anak dapat berperilaku negatif jika telah kecanduan dengan game online. Bentuk perilaku tersebut antara lain :
1.                  Anak-anak sering berkata kasar bahkan menyebutkan kata-kata yang tak pantas
Jika kalah saat bermain game online
2.                  Anak-anak yang sudah kecanduan game online akan melakukan apa saja jika
sudah kehabisan uang  seperti mencuri uang orang tuanya untuk bermain game online di warnet (warung internet). Kondisi ini dapat terjadi pada anak-anak yang tidak memiliki koneksi internet di rumahnya.
3.                  Dapat menurunkan prestasi belajar di sekolah karena ada beberapa anak yang berani bolos sekolah untuk bermain game online. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka dapat menyebabkan kemiskinan
4.                  Membuat anak memiliki sifat tertutup karena kebiasaan anak tersebut berada di depan monitor berjam-jam sehingga kurang berinteraksi dengan masyarakat sekitar

Kehadiran game online pada era globalisasi menyebabkan anak-anak melupakan permainan tradisional sehingga permain tradisional kini jarang terdengar kabarnya. Faktor-faktor yang menyebabkan game online lebih disukai anak-anak dibandingkan dengan permainan tradisional antara lain :
1.      Tidak memerlukan banyak tenaga
2.      Lahan untuk permainan tradisional mulai berkurang

Contoh permainan tradisional yang hampir tidak terdengar antara lain :
1.      Petak umpet
2.      Permainan benteng
3.      Egrang
4.      Gobak sodor
5.      Bekel
Permainan tradisional lebih banyak manfaatnya dibandingkan dengan permainan modern yang ada pada saat ini. Manfaat yang bisa didapat dari permainan tradisional antara lain :
  1. Permainan tradisional menjadikan anak lebih sederhana.
  2. Permainan tradisional dapat melatih sikap sportif,  misalnya mengakui kesalahan jika melanggar aturan main
  3. Permainan tradisional lebih menyehatkan, melatih fisik dan ketangkasan. Karena beberapa permainan tradisional yang dilakukan di luar rumah membuat anak lebih aktif  bergerak dan berkeringat.
  4. Permainan tradisional membuat anak lebih mudah bergaul, karena lebih seru bila dimainkan secara beregu atau berkelompok.
  5. Permainan tradisional membuat anak lebih percaya diri jika menjadi pemenang dan bagi yang kalah biasanya akan lebih berusaha di permainan selanjutnya.
  6. Permainan tradisional lebih memicu kreativitas seorang anak. Misalnya seorang anak dapat membuat permainan dari bahan-bahan yang kurang nilai guna seperti kulit jeruk bali yang dibuat menjadi mobil-mobilan.
  7. Beberapa permainan tradisional dapat dimainkan secara gratis

Solusi
Untuk mengatasi punahnya permainan tradisional dalam dunia permainan anak-anak, banyak solusi yang dapat dilakukan antara lain. Mengadakan perlombaan permainan tradisional untuk memacu semangat dalam melestarikan permainan tradisional. Bermain game online diperbolehkan jika tidak dimainkan terlalu lama.

Kesimpulan dan Opini
Perkembangan IPTEK terjadi dengan sangat cepat pada era globalisasi saat ini. Salah satu produk dari perkembangan IPTEK adalah game online. Kemunculan game online ternyata perlahan membuat permainan tradisional hilang. Tindakan pelestarian permainan tradisional dapat dilakukan melalui cara perlombaan. Permainan tradisional tidak boleh hilang dalam dunia permainan anak-anak karena permainan tradisional merupakan salah satu budaya yang memiliki nilai-nilai pendidikan yang tidak terlihat secara langsung tetapi terkandung dalam sebuah simbol.

 Sumber :




No comments:

Post a Comment