Wednesday, January 21, 2015

Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan

Gaya Hidup Masyarakat Kota yang Cenderung Konsumtif


Pendahuluan
Perubahan sosial dan budaya pada masyarakat perkotaan lebih mudah terjadi dibandingkan dengan masyarakat pedesaan. Salah satu bentuk perubahan sosial yang ada pada masyarakat perkotaan adalah gaya hidup konsumtif. Fasilitas di wilayah perkotaan yang serba ada  merupakan faktor pendorong gaya hidup konsumtif masyarakat perkotaan. Gaya hidup konsumtif menjadikan masyarakat terutama masyarakat perkotaan hidup dalam kemewahan. Seseorang yang berperilaku konsumtif akan lebih banyak membelanjakan uangnya dengan barang yang diinginkan walaupun barang tersebut berharga mahal dan tidak terlalu dibutuhkan. Perilaku konsumtif yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan kehidupan seseorang menjadi tidak sehat. Seseorang yang terus menerus berperilaku konsumtif akan memiliki banyak beban di masa depan.

Permasalahan
            Budaya perilaku hidup konsumtif kini banyak terjadi pada masyarakat di Indonesia. Kebanyakan pola hidup konsumtif dilakukan oleh masyarakat perkotaan. Contoh dari pola hidup konsumtif yang dilakukan oleh masyarakat perkotaan dapat kita lihat di Mall atau di pusat perbelanjaan lainnya. Kegiatan di dalam pusat berbelanjaan yang mencerminkan pola hidup konsumtif masyarakat perkotaan adalah berbelanja barang berharga mahal hanya untuk memuaskan keinginan. Contoh lain dari pola hidup konsumtif juga terjadi pada masyarakat kota yang berada pada masa remaja yaitu sering menonton di bioskop yang ada di pusat perbelanjaan dengan alas an tidak mau ketinggalan film terbaru yang ditayangkan di bioskop. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Bagaimana cara yang tepat untuk megatasi pola hidup konsumtif pada masyarakat perkotaan?

Pembahasan
Gaya hidup konsumtif merupakan pola hidup  mengkonsumsi barang-barang yang tidak terlalu diperlukan secara berlebihan yang bertujuan untuk mencari kepuasan. Gaya hidup ini lebih banyak terjadi pada masyarakat di wilayah perkotaan daripada pedesaan sebab di wilayah perkotaan tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan dan bioskop banyak tersebar. Faktor-faktor pendorong gaya hidup konsumtif antara lain :
1.      Ingin mengikuti trend terbaru dan tidak ingin ketinggalan zaman
2.      Dorongan yang kuat untuk membeli suatu produk barang atau jasa sehingga membelinya tanpa memperhatikan kebutuhannya akan barang atau jasa tersebut
3.      Tergiur oleh iklan yang ada pada media massa
4.      Terpengaruh oleh teman yang memiliki gaya hidup konsumti
5.      Tidak adanya kontrol diri
Kegiatan berbelanja di mall dapat menjadikan pola hidup konsumtif jika barang dibelanjakan dengan tujuan untuk memenuhi kepuasan bukan memenuhi kebutuhan. Berbelanja yang dilakukan dengan tujuan memenuhi kepuasan hanya akan menghabiskan uang. Kebiasaan ini dapat menjadikan gaya hidup yang konsumtif karena tingkat kepuasan manusia selalu berubah. Kegiatan berbelanja yang dilakukan karena ingin mengikuti trend terbaru juga akan menjadikan gaya hidup kita menjadi konsumtif karena trend selalu berubah-ubah. Selain tempat perbelanjaan, contoh kegiatan lain yang dapat menjadikan gaya hidup konsumtif dapat dilihat pada bioskop yang berada di pusat perbelanjaan. Kegiatan ini banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan khususnya pada masyarakat perkotaan yang berusia remaja. Kegiatan menonton film di bioskop dapat menjadikan gaya hidup konsumtif jika kita memiliki keinginan untuk menonton film yang terbaru di bioskop karena kita akan banyak menghabiskan uang hanya untuk membeli tiket di bioskop.
Pola hidup yang konsumtif memiliki dampak buruk bagi seseorang yang memiliki pola hidup tersebut. Dampak buruk yang diakibatkan dari gaya hidup konsumtif antara lain :
1.      Menyebabkan kecemburuan sosial karena hidup berfoya-foya
2.      Mengurangi kesempatan untuk menabung karena uangnya habis untuk membeli barang untuk memenuhi keinginan
3.      Cenderung melupakan kebutuhan di masa yang akan dating
Oleh sebab itu maka gaya hidup yang konsumtif harus dihindari. Cara yang dilakukan
untuk menghindari perilaku gaya hidup konsumtif antara lain :
1.      Membeli barang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan
2.      Mengontrol diri agar tidak melakukan gaya hidup konsumtif
3.      Menghemat uang untuk kebutuhan di masa yang akan dating
4.      Jika ingin menonton film di bioskop maka tidak harus menonton setiap film yang baru ditayangkan di bioskop.

Kesimpulan
Gaya hidup konsumtif merupakan gaya hidup yang sangat buruk karena gaya hidup ini membuat kita menjadi hidup boros. Gaya hidup ini kebanyakan ada pada masyarakat perkotaan karena pusat perbelanjaan dan bioskop banyak ditemukan di perkotaan. Pada masyarakat pedesaan gaya hidup ini jarang ada karena pusat perbelanjaan dan bioskop jarang ditemukan di pedesaan. Untuk menanggulangi gaya hidup ini sebaiknya kita menggunakan uang untuk barang atau hal-hal lain yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan

 Sumber




1 comment:

  1. teriamakasih banyak untuk pembahasannya sangat menarik sekali...

    http://acemaxsshop.com/

    ReplyDelete