Sunday, October 23, 2016

Perbedaan AC Window dengan AC Split


            Tata Udara atau Air Conditioning telah memasuki hampir seluruh fase kehidupan modern. Untuk negara-negara tropis seperti Indonesia, alat pendingin ruangan mempunyai peranan yang sangat besar, khususnya di kota-kota besar di mana aktivitas kegiatan ekonomi berjalan dengan cepatnya. Di sebagian besar wilayah Indonesia mempunyai suhu rata-rata lingkungan di atas 30 °C yang membuat kurang nyaman bagi para karyawan dalam menjalankan tugasnya sehari-hari, karena suhu tersebut jauh diatas suhu kenyamanan orang yaitu sekitar 25 °C. Dengan suhu lingkungan yang tinggi, untuk mendapatkan suhu ruang yang nyaman perlu adanya pengkondisian suhu agar nyaman. Alat ini dikenal dengan pengkondisi udara (AC). AC terdiri dari beberapa jenis antara lain AC window, AC split, dan AC sentral, AC standing floor, dan ac cassette. Jenis AC yang dibahas pada pembahasan ini hanyalah AC window dan AC split.

A.        AC Window
            AC Window adalah AC yang semua komponen AC seperti filter udara, evaporator, blower, compressor, condenser, refrigerant filter, expansion valve dan controll unit terpasang pada satu base plate. kemudian base plate beserta semua komponen AC tersebut dimasukkan kedalam kotak plat sehingga menjadi satu unit yang kompak. AC window merupakan unit ac yang mengimplementasikan pengkondisi udara pada ruangan kecil. Unit AC ini dibuat dengan ukuran kecil sesuai ukuran jendela sehingga mudah dipasang. Setelah dipasang, AC disambungkan ke stop kontak dan dinyalakan, maka ruangan akan segera dingin.


            AC jenis window ini memiliki beberapa kelebihan antara lain :
1.      Pemasangan dan pengoperasian AC yang mudah
2.      Mudah dalam pemeliharaan dan perawatannya
3.      Harga yang cenderung murah

            Selain memiliki kelebihan, AC jenis Window ini memiliki kekurangan antara lain :
1.      Karena semua komponen AC terpasang pada base plate yang posisinya dekat dengan ruangan yang didinginkan, maka cederung menimbulkan suara berisik (terutama akibat suara kompresor)
2.      Tidak semua ruangan dapat dipasang AC window, karena AC window harus dipasang dengan cara bagian condenser menghadap ketempat terbuka supaya udara panas dapat dibuang kealam bebas.

B.        AC Split
            AC Split adalah AC yang komponennya dibagi menjadi dua unit yaitu unit indoor yang terdiri dari filter udara, evaporator dan evaporator blower, expansion valve dan controll unit, serta unit outdoor yang terdiri dari compresor, condenser, condenser blower dan refrigerant filter. AC split memisahkan sisi panas dan sisi dingin sistem. Sisi yang dingin terdiri atas katup ekspansi dan kumparan evaporator yang pada umumnya ditempatkan dalam suatu Air Handler Unit (AHU). AHU menghembuskan udara melalui kumparan evaporator dan udara, setelah melalui kumparan evaporator menjadi dingin. Udara dingin ini kemudian disalurkan ke ruangan dalam gedung yang didinginkan Sedangkan sisi panas yang biasa disebut dengan unit kondensasi atau kondenser biasanya diletakkan di luar bangunan.


              AC jenis split ini memiliki beberapa kelebihan antara lain :
1.      Bisa dipasang pada ruangan yang tidak berhubungan dengan udara luar, misalnya pada ruangan yang posisinya ditengah  pada bangunan Ruko, karena condenser yang terpasang pada outdoor bisa ditempatkan ditempat yang berhubungan dengan udara luar jauh dari ruangan yang didinginkan.
2.      Suara didalam ruangan tidak berisik

Selain memiliki kelebihan, AC jenis split ini memiliki kekurangan antara lain :
1.      Pemasangan pertama maupun pembongkaran apabila akan dipindahkan membutuhkan tenaga yang terlatih.
2.      Pemeliharaan/perawatan membutuhkan peralatan khusus dan tenaga yang terlatih.
3.      Harganya lebih mahal.

Kesimpulan
AC jenis Window dan Split memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan AC hendaknya sesuai dengan luas ruangan dan juga letak ruangan yang akan didinginkan. AC window yang mudah dalam proses pemasangan dan pembongkarannya dibandingkan AC Split ternyata menimbulkan suara berisik saat AC ini bekerja. Sedangkan AC split lebih sulit untuk proses  pemasangan dan pembongkarannya memiliki suara yang lebih tenang dibandingkan AC window sehingga untuk kenyamanan, AC split lebih unggul dibandingkan AC Window.

Sumber
[1]        http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/hartoyo-spdmpdmt/materi-kuliah-ac-     window-dan-split-hto.pdf
[2]        http://www.academia.edu/8729809/PERSENTASI_TEKNI_PENDINGIN


6 comments:

  1. dalam hal pemasangan yang mudah serta suara yang ga berisik, AC Standing bisa jadi yang utama.. tp emang kekurangannya itu harga ac standing lebih mahal ketimbang ac split dan ac window.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Saya lebih suka menggunakan ac dengan model split, karena apabila saya menggunakan ac windows, maka pendingin yang dihasilkan tidak terlalu efisien kalau menurut saya.

    ReplyDelete
  4. Wah saya baru tau ni gaes kalau ada AC dengan model windows, kira kira untuk komponen sparepartnya gimana yah ? Contohnya seperti pipa ac, kompresor dan lainnya apakah dijadiin satu.

    ReplyDelete
  5. Ternyata kelebihan dan kekurangan dari 3 jenis AC harus kita ketahui https://blog.orento.id/article/83/Kelebihan-dan-Kekurangan-3-Jenis-AC

    ReplyDelete
  6. https://blog.orento.id/article/83/Kelebihan-dan-Kekurangan-3-Jenis-AC

    ReplyDelete