Saturday, October 22, 2016

Baterai Lithium Ion vs Baterai Lithium Polymer



            Baterai merupakan perangkat pada Handphone yang berguna untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia, yang akan digunakan untuk memasok (menyediakan) listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan handphone. Kebutuhan baterai untuk kebutuhan teknologi nirkabel dan portable semakin meningkat. Teknologi baterai kini pun semakin berkembang, dari baterai yang dulunya menggunakan baterai kering yang tidak bisa diisi ulang daya, kini teknologi rechargeable baterai semakin memudahkan dan memurahkan biaya untuk peralatan nirkabel, elektronik, termasuk telpon seluler. Baterai handphone  saat ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu baterai Lithium ion dan baterai Lithium polymer.

A         Baterai Lithium Ion
            Lithium Ion adalah tipe baterai yang seperti paling mudah ditemukan di barang-barang elektronik termasuk gadget seperti laptop, tablet, smartphone, dan lainnya. Lithium Ion tidak mengandung zat berbahaya tetapi sangat mudah terbakar (meledak) jika terkena api. Baterai jenis Li-ion ini Baterai ini menggunakan elektroda positif (kobalt lithium oksida, lithium besi fosfat, atau lithium mangan oksida), elektroda negatif (biasanya grafit), dan elektrolit (etilen karbonat, dietil karbonat). Elektrolit tersebut disimpan dalam pelarut organik diantara elektroda. Seluruh baterai terikat erat oleh bungkus (casing) logam. Rangkaian perlindungan juga ditambahkan untuk mengatur level tegangan dan arus dalam batas aman. Baterai Lithium Ion memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki Baterai lithium ion antara lain :
1.      Perawatan  lebih mudah dan tidak memiliki efek memori
2.      Lebih tahan lama bisa sampai ratusan kali isi ulang
3.      Lebih cocok untuk baterai gadget portable, smartphone, nirkabel, dan perangkat elektronik
4.      Mudah dilepas
5.      harga murah.

Kekurangan yang dimiliki Baterai lithium ion antara lain :
1.      Tidak kuat pada suhu tinggi
2.      Membutuhkan ukuran yang lebih besar untuk kapasitas yang besar
3.      Mudah terbakar

B.        Baterai Lithium Polymer
            Baterai ini bersifat cair (Liquid), menggunakan elektrolit polimer yang padat, dan mampu menghantarkan daya lebih cepat dan jenis baterai ini adalah hasil pengembangan dari Lithium Ion. Jenis ini diterapkan karena efektif untuk meningkatkan kapasitas baterai yang lebih tinggi dengan desain yang sangat tipis sehingga mudah di aplikasikan pada smartphone yang memiliki desain super tipis. Perbedaan dengan lithium ion terletak pada bahan pemisah atau bagian dimana ion bergerak di antara elektroda. Pada baterai lithium-polymer, pemisah terbuat dari polimer mikro-pori yang dilapisi gel elektrolit. Dalam hal ini, separator juga bertindak sebagai katalis dalam proses kimia secara keseluruhan. Baterai jenis ini juga memerlukan perlindungan sirkuit untuk memastikan tegangan berada dalam batas aman. Namun, tidak seperti lithium ion, lithium-polymer tidak memerlukan bungkus (casing) logam. Baterai Lithium Polymer memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki Baterai lithium polymer antara lain :
1.         Lebih Aman
2.         Lebih ringan
3.         Bisa bertahan lebih lama dari lithium ion
4.         Ramah Lingkungan

  Kekurangan yang dimiliki Baterai lithium ion antara lain :
1.         Biaya manufaktur mahal
2.         Jarang di temukan di pasaran
3.         Harga baterai Juga mahal karena cost untuk energi ini juga mahal
4.         Butuh teknisi handal untuk mengganti baterai baru

Kesimpulan

Baterai untuk handphone saat ini baik baterai lithium ion maupun baterai lithium polymer memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Baterai lithium ion menawarkan harga yang lebih murah serta kemudahan pada perawatannya karena dapat mudah dilepas untuk penggantiannya.  Baterai lithium polymer menawarkan kemampuan pemakaian yang lebih tahan lama katena memiliki daya tahan yang lebih besar dari baterai lithium ion.

Sumber :
[1]        http://www.berbagiteknologi.com/192/perbedaan-baterai-li-ion-dan-li-polymer/
[2]        https://jalantikus.com/tips/baterai-li-ion-vs-li-po/
[3]        http://www.amazine.co/39230/baterai-lithium-ion-vs-lithium-polymer-plus-minusnya/

[4]    http://inet.detik.com/read/2013/11/15/103409/2413902/1440/baterai-li-pol-atau-li-ion-        lebih-bagus-mana

No comments:

Post a Comment