Monday, October 24, 2016

Perbandingan Ban Cadangan Full Size dan Space Saver

            Ban cadangan merupakan perlengkapan yang penting dalam berkendara dengan mobil. Ban cadangan berguna untuk mengantisipasi jika salah satu ban utama mengalami kebocoran atau masalah lain. Dijelaskan pula pada Undang-undang lalu lintas No 22 tahun 2009 pasal 57 ayat (3) menjelaskan, perlengkapan sekurang-kurangnya sabuk keselamatan, ban cadangan, segitiga pengaman, dan dongkrak serta pembuka roda.
            Ban cadangan yang ada pada mobil terdiri dari beberapa jenis antara lain Ban Cadangan jenis Full Size, Ban Cadangan jenis Space Saver, dan Ban Cadangan jenis Folding. Jenis ban cadangan yang dibahas pada pembahasan ini hanyalah Ban Cadangan jenis Full Size dan Ban Cadangan jenis Space Saver.

A.    Ban Cadangan Full Size
            Ban cadangan jenis ini memiliki ukuran serupa dengan yang digunakan pada keempat ban lainnya. ban cadangan ini memiliki kemampuan yang sama dengan 4 ban pokok lainnya sehingga bisa untuk dipakai sehari-hari. Ban cadangan jenis ini banyak digunakan pada mobil-mobil lawas dan semakin jarang digunakan pada mobil-mobil modern meskipun beberapa mobil-mobil modern masih menggunakan ban cadangan jenis ini.

            Ban cadangan jenis ini memiliki kelebihan antara lain :
1.      Ban jenis ini dapat dirotasikan dengan 4 ban pokok lainnya
2.      Ban cadangan jenis ini memberikan perlakuan terhadap mobil yang sama seperti 4 ban pokok lainnya.
3.      Ban cadangan jenis ini dapat dipakai dengan jangka waktu yang lebih lama dibandingkan ban cadangan space saver.
Ban cadangan jenis ini memiliki kekurangan antara lain :
1.      Ukurannya yang besar, menyita sebagian besar kapasitas bagasi.
2.      Penggunaan ban serep tipe ini semakin tidak popular karena bobotnya yang berat dan dianggap membebani kendaraan.
3.      Biaya produksi mobil yang memakai ban cadangan jenis ini lebih tinggi

B.     Ban Cadangan Jenis Space Saver
            Ban cadangan jenis ini memiliki ukuran lebih kecil  dari keempat ban pokok lainnya. Ban jenis ini juga disebut sebagai ban cadangan Temporary yaitu ban cadangan yang penggunaannya hanya pada keadaan darurat. Ban cadangan jenis ini menggunakan ukuran ban, bahkan diameter velg yang berbeda dengan keempat ban lain yang digunakan mobil. Karena ukuran yang jelas berbeda, ban serep tipe ini tidak masuk dalam siklus rotasi ban. Ban cadangan jenis ini banyak digunakan pada mobil-mobil modern terutama pada mobil jenis sedan ataupun hatchback.

            Ban cadangan jenis ini memiliki kelebihan antara lain :
1.      Ukuran ban yang kecil tidak menyita sebagian besar kapasitas bagasi.
2.      Ban jenis ini dapat memangkas biaya produksi mobil
3.      Bobotnya yang lebih ringan tidak terlalu membebani kendaraan.

Ban cadangan jenis ini memiliki kekurangan antara lain :
1.      Ban cadangan ini tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama karena berisiko terhadap keselamatan dalam berkendara
2.      kecepatan maksimal yang diijinkan ketika melaju dengan ban cadangan jenis  ini. biasanya 50 hingga 80 km/jam.
3.      Pengontrolan terhadap ban cadangan jenis ini harus dilakukan lebih sering dibandingkan ban cadangan full size. Tekanan angin juga harus dipastikan sesuai dengan yang direkomendasikan. Karena biasanya tekanan angin dibuat sangat tinggi dibanding keempat ban lainnya

Kesimpulan
            Ban cadangan yang merupakan perlengkapan yang penting dalam berkendara dengan mobil berfungsi untuk untuk mengantisipasi jika salah satu ban utama mengalami kebocoran atau masalah lain. Ban cadangan Full Size dan Space Saver memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Ban Full Size unggul pada segi keselamatan sementara ban Space Saver memiliki keunggulan pada penghematan ruang. Sebaiknya ban cadangan yang dibawa pada saat berkendara dengan mobil yaitu ban cadangan jenis full size karena lebih mengutamakan keselamatan sehingga ban jenis full size lebih aman dibandingkan dengan ban space saver.

Sumber
[1]        http://m.autobild.co.id/read/2015/12/13/15221/54/15/Tips-Perlakuan-Berbagai-Jenis-Ban-Serep-Mobil

[2]        http://www.mobilku.org/2015/12/ukuran-ban-serep-tidak-sama-dengan-ban.html

No comments:

Post a Comment