Thursday, May 14, 2015

Tugas VII Manusia dan Tanggung Jawab


A.      Pengertian Tanggung Jawab
            Pengertian tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya sehingga berdasarkan Kamus Umum Bahasa Indonesia bertanggung jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Berten mendefinisikan bahwa tanggung jawab (responsibility) adalah keharusan seseorang sebagai mahluk rasional dan bebas untuk tidak mengelak serta memberikan penjelasan mengenai perbuatannya, secara retrosfektif atau prosfektif
Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia atas tingkah laku atau perbuatannya baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga merupakan perbuatan yang dilakukan sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.

B.      Makna Tanggung Jawab
             Makna dari tanggung jawab adalah siap menerima kewajiban atau tugas yang diberikan. dalam kehidupan manusia, tanggung jawab bersifat kodrati, yaitu menjadi bagian kehidupan manusia. Setiap manusia akan memikul suatu tanggung jawabnya sendiri-sendiri. Apabila seseorang tidak mau bertanggung jawab, maka tentu ada pihak lain yang memaksa untuk tindakan tanggung jawab tersebut. Tanggung jawab adalah ciri manusia yang beradab. Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk dari perbuatannya itu.

C.      Macam-macam Tanggung Jawab
Tanggung jawab dapat dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya :      
1.         Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri adalah kewajiban yang akan di tanggung karena perbuatan yang telah dilakukannya terhadap orang lain atau dirinya sendiri.
Contoh:
Rudi membaca sambil berjalan. Ia lengah meskipun sebentar-sebentar ia melihat jalan, Ia terperosok ke sebuah lubang dan akhirnya kakinya terkilir. Ia menyesali dirinya sendiri akan kejadian itu. Ia harus beristirahat di rumah beberapa hari. Konsekuensinya tinggal di rumah beberapa hari merupakan tanggungjawab sendiri akan kelengahannya.

2.         Tanggung Jawab terhadap Keluarga
Tanggung jawab terhadap keluarga adalah kewajiban dari tugas atau pekerjaannya yang harus ia lakukan untuk keluarga atau sebagai anggota keluarga.
Contoh:
Seorang ayah yang bertanggung jawab terhadap keluarganya dengan mencari nafkah agar kehidupan anak dan istrinya bahagia , sehat, tentram, dan kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi

3.         Tanggung Jawab terhadap Bangsa dan Negara
Setiap manusia adalah warga negara yang mendiami suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma yang telah dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat sesuka hati. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.
Contoh :
Dalam Novel jalan tak ada ujung karya Muchtar Lubis, Guru Isa terkenal sebagai guru yang baik. Guru Isa terpaksa mencuri barang-barang milik sekolah demi rumah tangganya. Perbuatan guru Isa ini harus pula dipertanggungjawabkan kepada pemerintah walaupun Guru Isa melakukannya dengan terpaksa.

4.         Tanggung Jawab terhadap Masyarakat
Pada hakikatnya Manusia tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan manusia lain. Dengan demikian manusia yang hidup bermasyarakat tentunya mempunyai rasa tanggung jawab agar dapat melangsungkan kehidupannya dalam masyarakat tersebut.
Contoh :
Seorang RT harus bertanggung Jawab menyelesaikan masalah apabila anggotanya / warganya mengalami Perselisihan dengan warga lain

5.         Tanggung Jawab terhadap Tuhan
Tuhan Menciptakan manusia di Bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupan manusia agar manusia bertanggung jawab langsung terhadap Tuhan. sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari penglihatan Tuhan.
           
            Contoh :
Seorang pegawai yang baru mendapatkan gaji kemudian memberikan 2,5% gajinya untuk anak yatim piatu dan fakir miskin. Pegawai tersebut telah melaksanakan tanggungjawabnya terhadap Tuhan berupa menjalankan perintah Tuhan untuk memberikan 2,5% dari gaji yang diterima kepada anak yatim piatu dan fakir miskin karena dari gaji yang diterima, 2,5%nya adalah milik anak yatim piatu dan fakir miskin.

Sumber

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab9manusia_dan_tanggung_jawab.pdf
https://addy1571.files.wordpress.com/2008/12/tanggung-jawab-dan-tanggung-gugat-perawat-dalam-sudut-pandan.pdf
http://www.hasmi.org/mengembangkan-tanggung-jawab/

No comments:

Post a Comment