Sunday, November 20, 2016

Perbandingan Honda Mobilio, Nissan Evalia, dan KIA Carens


MPV (Multi Purpose Vehicle) menjadi mobil yang paling digemari oleh masyrakat di Indonesia. Budaya pergi dengan banyak orang sudah menjadi suatu tradisi umum dikalangan masyarakat Indonesia. Kebanyakan dari mereka yang baru ingin memiliki mobil pertamanya, memilih mobil MPV yang cenderung muat lebih banyak penumpang selain mobil tipe lain.
Pada pembahasan ini mobil MPV yang akan dibandingkan adalah Honda Mobilio, Nissan Evalia, dan KIA Carens. Ketiga mobil tersebut merupakan MPV dengan harga dibawah 300 juta.
A.    Kia Carens
Kabin Carens merupakan yang paling kecil di antara 3 peserta di tes ini. Di kelasnya, Carens mampu menyuguhkan akses, tempat penyimpanan, dan kelapangan headroom yang memadai. Begitu pula untuk ruang kargo. Bangku baris ketiga lebih pas buat anak-anak dan akses menuju ke ruang tersebut pun terbatas.


B.    Nissan Evalia
Di kelas Low MPV, Nissan Evalia terbilang praktis. pintu gesernya sudah cukup membuat akses ke kabin lebih mudah. Volume bagasi bisa diperluas karena bangku paling belakang bisa dilipat ke samping. Jadi dapat memasukkan barang bawaan lebih banyak.


C.    Honda Mobilio
Honda Mobilio memiliki kelebihan pada pelipatan bangku baris kedua yang simpel. Hanya dengan menarik satu tuas maka bangku pun terlipat rapi. Sementara untuk akses keluar masuk bangku baris ketiga. Secara keseluruhan, akomodasi Mobilio sudah cukup baik untuk sebuah Compact MPV.”



            Perbandingan 3 mobil MPV tersebut disajikan dalam bentuk tabel perbandingan yang diambil berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh tim Autobild. Pengujian dilakukan dengan kondisi tanpa penumpang.


Kesimpulan :
Secara umum keempat mobil ini mampu memberi akomodasi dan kepraktisan layaknya sang juara di kelasnya. Kendati Carens dan Mobilio mengenakan format pintu konvensional, namun akses yang tersedia tetap luas dan memudahkan pengguna.
Sementara untuk performa, Carens dan Mobilio bisa dikatakan berlimpah tenaga. Keduanya hadir dengan mesin bertenaga dan itu membuatnya menyenangkan baik untuk dikemudikan sendiri maupun terisi penuh.

Evalia yang memiliki bentuk mengotak turut jumawa jika soal akomodasi, baik penumpang maupun barang. Namun memang mesinnya bukanlah yang paling bertenaga sehingga impresi berkendara di saat beban penuh sangat berbeda dibanding saat sendiri

Sumber :
http://tips.autobild.co.id/read/2015/04/08/13042/67/15/Tes-MPV-Data-Tes-dan-Kesimpulan

No comments:

Post a Comment