Monday, May 30, 2016

Big Ben


Jika kita berada di Kota London, Inggris tepatnya di salah satu sudut Istana Westminster terdapat sebuah Menara jam. Menara ini sering disebut sebagai Big Ben. Namun sebenarnya Big Ben bukanlah nama dari menara jam tersebut melainkan nama dari lonceng besar didalamnya.
Tinggi menara ini mencapai 96.3 meter (316 kaki) dan dibangun dengan gaya Gothik Victoria. 61 meter (200 kaki) di bawah jam terbuat dari bata yang dilapisi oleh batu, sedangkan puncak menara ditopang dengan rangka besi yang dibuat dari besi leleh. Menara ini dibangun di atas tanah berukuran 15 meter kali 15 meter, fondasi terbuat dari beton setebal 3 meter (9 kaki), pada kedalaman 4 meter (13 kaki) di bawah permukaan. Semua sisi jam tingginya 55 meter (180 kaki) dari atas tanah. Konstruksi menara ini mulai dibangun pada tanggal 28 September 1843. Pembangunan dimulai dari dalam sehingga perancahnya tak terlihat dari luar. Kondisi tanah yang berubah saat pembangunan menara jam ini membuatnya sedikit miring ke barat laut kurang lebih 220 milimeter (8.66 inci). Menara ini miring setiap tahun sebanyak beberapa milimeter ke arah timur dan barat dikarenakan efek thermal.
Menara jam yang terdapat lonceng besar Big Ben ini dirancang oleh Augustus Pugin. Saat pembangunan berlangsung pada 1852, Pugin sakit keras dan meninggal tanpa bisa mengenali keluarganya sendiri. Saat itu usianya 40 tahun, dan ia tak pernah tahu bahwa karya terakhirnya amat terkenal.
Pada tahun 1855, Sir Benjamin Hall, seorang politisi berkebangsaan Inggris yang diangkat sebagai First Commissioner of Works berjasa mengembangkan fasilitas lingkungan dan kebersihan di London. Ia juga mengawasi pembangunan kembali Houses of Parliament, termasuk pembuatan lonceng besar berbobot lebih dari 13 ton yang diletakkan di atas menara tersebut, yang akhirnya dijuluki dengan nama Big Ben. Meskipun lonceng raksasa ini dikenal dengan nama Big Ben tetapi asal muasal Big Ben untuk penamaan lonceng ini masih dipertanyakan. Boleh jadi nama itu didapatkan dari sang politisi, yang memiliki tubuh besar setinggi 1,93 meter. Atau, nama ini bisa juga berasal dari petinju kelas berat yang amat terkenal pada masa itu, Benjamin Caunt. Petinju setinggi 1,88 meter yang memiliki julukan Big Ben ini tersohor karena menyandang gelar juara pada 1850.

Referensi :

http://www.ilmusipil.com/menara-jam-london-big-ben

1 comment:

  1. Informasi blognya sangat bermanfaat kak...
    Semoga kedepannya bisa lebih baik dan berguna oleh orang lain

    ReplyDelete